Langsung ke konten utama

membuat aplikasi kalkulator menggunakan java netbeans



1.      DESKRIPSI

Mungkin sudah banyak yang mengetahui fungsi dan kegunaan dari aplikasi ini, tapi saya akan menjelaskan kembali apa itu aplikasi kalkulator ? Mesin hitung atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

2.      KOMPONEN,VARIABEL & RUMUS

·         Angka (0-9), Huruf C (clear)  & simbol (-, +, =, *, /, .)                       button
·         Tampilan / Display                  Text Field
·         Text KALKULATOR                   Label




Rumus :

*rumus di atas baru sebagian.






3.      FLOWCHART

Adapun FlowChart dari aplikasinya adalah sebagai berikut :





1.read bil1, bil2, hasil
char operator
2.masukkan bilangan 1
3.masukkan bilangan 2
4.pilih operator dari ‘*’,’/’,’+’ atau ‘-‘untuk melakukan proses
5.decision:
a.apakah operator=’*’
b.jika ya, maka kalikan bil 1 dengan bil 2 yang menyatakan
hasil = bil 1*bil 2, kemudian ke proses 6
c.jika tidak, maka tanyakan apakah operator =’/’?
d.jika ya, maka bagi bil 1 dgn bil 2 yang menyatakan hasil=bil 1/ bil 2,
kemudian ke proses 6
e.jika tidak, maka tanyakan apakah operator = ‘+’?
f.jika ya, maka tambahkan bil 1 dgn bil 2 yg menyatakan hasil=bil 1+ bil 2′
kemudian ke proses 6
g.jika tidak, maka tanyakan apakah operator =’-‘?
h.jika ya maka, kurangkan bil 1 dgn bil 2 yang menyatakan hasil=bil 1 – bil 2,
kemudian ke proses 6
6.cetak hgasil
7.program selesai




4.      CARA MEMBUAT KALKULATOR MENGGUNAKAN JAVA NETBEANS

1.    Pastikan anda memiliki program Java Netbeans dan sudah terinstal di PC anda
2.    Buka aplikasi anda, buat project baru dengan cara : Klik file à new project
Kemudian akan muncul  tambel new project terdapat kolom categories pilih java dan pada project pilih java application kemudian klik next>

ketika muncul tampilan new java application anda di minta untuk menamai project pada project name kalo saya kasih nama kalkulator. oiya temen kalo kasih project nama dilarang keras untuk kasih spasi ya..
pada kolom project location anda di minta untuk menyimpan data pada folder yang aman.

Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish

Project baru sudah selesai di buat

3.    Persiapan desain interface aplikasi java
Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form

Isi class name dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.
 Location : Source Package
Package : Kalkulator

lalu klik Finish.


4.    Mendesain tampilan kalkulator
saatnya mendesain tampilan aplikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design Tampilan Kalkulator.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini.
Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif -->  Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )

Agar sesuai dengan kodingan yang udah kita buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, kava bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan. Berikut daftar variable tiap komponen

button 1 ubah Variable Name menjadi btnAngka1
button 2 ubah Variable Name menjadi btnAngka2
button 3 ubah Variable Name menjadi btnAngka3
button 4 ubah Variable Name menjadi btnAngka4
button 5 ubah Variable Name menjadi btnAngka5
button 6 ubah Variable Name menjadi btnAngka6
button 7 ubah Variable Name menjadi btnAngka7
button 8 ubah Variable Name menjadi btnAngka8
button 9 ubah Variable Name menjadi btnAngka9
button 0 ubah Variable Name menjadi btnAngka0
button C ubah Variable Name menjadi btnHapus
button = ubah Variable Name menjadi btnSamadengan
button + ubah Variable Name menjadi btnTambah
button - ubah Variable Name menjadi btnKurang
button * ubah Variable Name menjadi btndKali
button / ubah Variable Name menjadi btnBagi

           

5.    Menulis kode java

Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya. Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah:

public class Kalkulator extends javax.swing.JFrame {

    String angka;
    int pilih;
    double angka1,angka2,jumlah;
Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.

Inilah kode- kode yang harus ditulis

Tombol 0 s.d 9
1
2
angka += "x";
display.setText(angka);
X sesuai dengan angka yang akan ditampilkan di display (JTextField)
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.

Tombol koma (,)
1
2
angka += ".";
display.setText(angka);
Menambahkan simbol koma/point

Tombol C (Clear)
1
2
3
4
5
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";

Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.

Tombol ( + ) 
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;

Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol ( / )
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;


Tombol (=)

switch(pilih){
            case 1:
            angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1+angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            jTextField1.setText(angka);
            break;
            case 2:
            angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1-angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            jTextField1.setText(angka);
            break;
            case 3:
            angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1*angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            jTextField1.setText(angka);
            break;
            case 4:
            angka2=Double.parseDouble(angka);
            jumlah=angka1/angka2;
            angka=Double.toString(jumlah);
            jTextField1.setText(angka);
            break;
        }


Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.

6.    Penyempurnaan Tampilan

Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan program diakibatkan oleh user.
Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.
·         Isi title JFrame.
·         Uncheck resizable.
Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.



Mengatur Properti JTextField

Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties
·         Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
·         Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya. 

7. Menjalankan Aplikasi
Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.

Demikian Tutorial cara membuat Aplikasi kalkulator dengan menggunakan Java Netbeans.
Terima kasih semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum, Wr.Wb........

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Parkir sederhana

Dalam hal Memenuhi Nilai UAS Semester II STMIK ERESHA Mata kuliah LAb Algoritma dan Pemrograman,saya akan membuat Program Parkir sederhana menggunakan Java netbeans berbasis GUI. Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Ir. Agus suharto, M.Kom, selaku dosen pembimbing. Hingga saya dapat membuat program seperti ini. Deskripsi Aplikasi Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak pusat perbelanjaan, kantor, ruko atau yang lainnya menggunakan sistem komputerisasi untuk proses parkir. Proses parkir yang semakin canggih dengan bantuan sistem komputer, memudahkan pemilik untuk memanajemen parkir dengan baik. Terinspirasi dari hal tersebut, Kami ingin mencoba membuat sebuah program parkir sederhana menggunakan Java NetBeans. Program ini cukup sederhana karena hanya menampilkan input data seperti: no kendaraan, jenis kendaraan, harga parkir, jam masuk, lama parkir dan total bayar. Program ini dibuat untuk menambah informasi dan tidak dapat diterapkan...