1.
DESKRIPSI
Mungkin sudah
banyak yang mengetahui fungsi dan kegunaan dari aplikasi ini, tapi saya akan
menjelaskan kembali apa itu aplikasi kalkulator ? Mesin hitung
atau Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana
seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.
2.
KOMPONEN,VARIABEL & RUMUS
·
Angka (0-9), Huruf C (clear) & simbol (-, +, =, *, /, .) button
·
Tampilan / Display Text
Field
·
Text KALKULATOR Label
Rumus :
*rumus
di atas baru sebagian.
3.
FLOWCHART
Adapun FlowChart dari aplikasinya adalah sebagai berikut :
1.read bil1, bil2, hasil
char operator
2.masukkan bilangan 1
3.masukkan bilangan 2
4.pilih operator dari ‘*’,’/’,’+’ atau ‘-‘untuk melakukan proses
5.decision:
a.apakah operator=’*’
b.jika ya, maka kalikan bil 1 dengan bil 2 yang menyatakan
hasil = bil 1*bil 2, kemudian ke proses 6
c.jika tidak, maka tanyakan apakah operator =’/’?
d.jika ya, maka bagi bil 1 dgn bil 2 yang menyatakan hasil=bil 1/ bil 2,
kemudian ke proses 6
e.jika tidak, maka tanyakan apakah operator = ‘+’?
f.jika ya, maka tambahkan bil 1 dgn bil 2 yg menyatakan hasil=bil 1+ bil 2′
kemudian ke proses 6
g.jika tidak, maka tanyakan apakah operator =’-‘?
h.jika ya maka, kurangkan bil 1 dgn bil 2 yang menyatakan hasil=bil 1 – bil 2,
kemudian ke proses 6
6.cetak hgasil
7.program selesai
char operator
2.masukkan bilangan 1
3.masukkan bilangan 2
4.pilih operator dari ‘*’,’/’,’+’ atau ‘-‘untuk melakukan proses
5.decision:
a.apakah operator=’*’
b.jika ya, maka kalikan bil 1 dengan bil 2 yang menyatakan
hasil = bil 1*bil 2, kemudian ke proses 6
c.jika tidak, maka tanyakan apakah operator =’/’?
d.jika ya, maka bagi bil 1 dgn bil 2 yang menyatakan hasil=bil 1/ bil 2,
kemudian ke proses 6
e.jika tidak, maka tanyakan apakah operator = ‘+’?
f.jika ya, maka tambahkan bil 1 dgn bil 2 yg menyatakan hasil=bil 1+ bil 2′
kemudian ke proses 6
g.jika tidak, maka tanyakan apakah operator =’-‘?
h.jika ya maka, kurangkan bil 1 dgn bil 2 yang menyatakan hasil=bil 1 – bil 2,
kemudian ke proses 6
6.cetak hgasil
7.program selesai
4.
CARA MEMBUAT KALKULATOR MENGGUNAKAN
JAVA NETBEANS
1. Pastikan anda memiliki program Java Netbeans dan
sudah terinstal di PC anda
2. Buka aplikasi anda, buat project baru dengan cara : Klik file à new project
Kemudian akan muncul tambel new
project terdapat kolom categories
pilih java dan pada project pilih java application kemudian klik next>
ketika muncul tampilan new java
application anda di minta untuk menamai project pada project name kalo saya kasih nama kalkulator. oiya temen kalo kasih
project nama dilarang
keras untuk kasih spasi ya..
pada kolom project location
anda di minta untuk menyimpan data pada folder yang aman.
Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan
menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish
Klik Finish
Project baru sudah selesai di buat
3. Persiapan desain interface aplikasi java
Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form
Isi class name dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.
Isi class name dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.
Location : Source Package
Package : Kalkulator
lalu klik Finish.
Package : Kalkulator
lalu klik Finish.
4. Mendesain tampilan
kalkulator
saatnya mendesain tampilan aplikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop
dari window pallete ( Window
--> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design Tampilan
Kalkulator.java kita, geser kiri
kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah
ini.
Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif --> Edit
Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk
mengubah nama variabel komponen )
Agar sesuai dengan kodingan yang udah kita buat, ganti Variable Name tiap
komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, kava bersifat
CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan. Berikut daftar
variable tiap komponen
button 1 ubah Variable Name menjadi btnAngka1
button 2 ubah Variable Name menjadi btnAngka2
button 3 ubah Variable Name menjadi btnAngka3
button 4 ubah Variable Name menjadi btnAngka4
button 5 ubah Variable Name menjadi btnAngka5
button 6 ubah Variable Name menjadi btnAngka6
button 7 ubah Variable Name menjadi btnAngka7
button 8 ubah Variable Name menjadi btnAngka8
button 9 ubah Variable Name menjadi btnAngka9
button 0 ubah Variable Name menjadi btnAngka0
button C ubah Variable Name menjadi btnHapus
button = ubah Variable Name menjadi btnSamadengan
button + ubah Variable Name menjadi btnTambah
button - ubah Variable Name menjadi btnKurang
button * ubah Variable Name menjadi btndKali
button / ubah Variable Name menjadi btnBagi
5. Menulis kode java
Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi
kodingan Java nya. Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah:
public class Kalkulator extends javax.swing.JFrame {
String angka;
int pilih;
double angka1,angka2,jumlah;
Untuk mengisi
kodingan, secara default tinggal Double
Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed (
panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ).
Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode
yang kita tulis di objek actionPerformed.
Inilah kode- kode yang harus ditulis
Tombol 0 s.d 9
Tombol 0 s.d 9
1
2
|
angka += "x";
display.setText(angka);
|
X sesuai dengan
angka yang akan ditampilkan di display (JTextField)
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Tombol koma (,)
maksud kode diatas adalah jika tombol angka ditekan maka akan menambahkan 1 digit nomor tertentu ke variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Tombol koma (,)
1
2
|
angka += ".";
display.setText(angka);
|
Menambahkan simbol koma/point
Tombol C (Clear)
Tombol C (Clear)
1
2
3
4
5
|
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
|
Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.
Tombol ( + )
1
2
3
4
|
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
|
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe dataDouble, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu keDouble.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
1
2
3
4
|
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;
|
Tombol (x)
1
2
3
4
|
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;
|
Tombol ( / )
1
2
3
4
|
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;
|
Tombol (=)
switch(pilih){
case 1:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1+angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 2:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1-angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 3:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1*angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
case 4:
angka2=Double.parseDouble(angka);
jumlah=angka1/angka2;
angka=Double.toString(jumlah);
jTextField1.setText(angka);
break;
}
Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan
terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah
dikonversi ke tipe data Double.
Variabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di
display.
6. Penyempurnaan Tampilan
Setelah kodingan selesai, perlu ditambahkan beberapa aturan yang harus
kita tetapkan di Interface agar program lebih teratur dan tidak terjadi kesalahan
program diakibatkan oleh user.
Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container)
Desingn JFramenya --> Properties.
·
Isi title JFrame.
·
Uncheck resizable.
Ini bermaksud agar pada
saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
Mengatur Properti
JTextField
Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties
Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties
·
Uncheck
editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard.
Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
·
Horizontal
Alignment ubah menjadi Right.
Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya.
7. Menjalankan Aplikasi
Terakhir,
adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.
Klik Run --> Run Project atau Run File.
Demikian Tutorial cara membuat
Aplikasi kalkulator dengan menggunakan Java Netbeans.
Terima kasih semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum, Wr.Wb........
Komentar
Posting Komentar